30 November 2009

TREN KAOS DISTRO

Posted in Uncategorized tagged at 3:16 pm oleh royers

 

Ketika Seni Grafis Mejeng di Badan


Sekitar awal 2000-an, tren fashion di kalangan anak muda dimeriahkan oleh munculnya tren “kaos distro”. Tren ini menggeser tren factory outlet (FO) sebelumnya. Belum trendi kalau  belum memakai kaod distro, begitu kata anak muda jaman sekarang.

Oblong yang dijual lewat took fashion kecil ini memang banyak peminat. Bahkan, pada masa-masa tertentu, system antrian masuk diberlakukan oleh toko tersebut untuk mengatasi membludaknya pembeli. Kaos distro sebutan umumnya, bahannya tak berbeda dengan kaos oblong lainnya. Namun, sisi idealis dan seni dari kaos ini memang sangat kental. Ini juga bukan kaos oblong lain dimana sebuah desain dicetak secara missal dan disalurkan ke banyak tempat. Setiap desain kaos selalu diproduksi secara eksklusif, dengan jumlah terbatas.

Untuk penyuka seni grafis, kaos distro layaknya karya seni “berjalan” ketiak dipakai konsumennya. Desainnya memang tak dibuat secara asal, karena umumnya setiap prudusennya memiliki desainer khusus untuk produknya. Mereka selalu mengejar ide-ide orisinil dalam karyanya, karena itu tindakan tiru-meniru sering kali dipantangi.

Ciri khas lain dari kaos distro ini adalah kaitannya yang sangat erat dengan suatu komunitas tertentu, seperti musik, olah raga ekstrim (skateboard, surfing, dan sebagainya), hingga grafis. Tren itu pun tumbuh subur dikalangan komunitas tersebut.

Muncul Karena Krisis


Kaos distro sebenarnya fenomena kebangkitan industri busana local yang digawangi (umumnya) oleh anak muda, dengan aneka gaya “kebebasan” desain. Sedikit banyak, tren ini dipicu oleh seni grafis. Para anak muda pecinta seni ini akhirnya menggunakan media kaos untuk menumpahkan ide-idenya.

Selain itu, mereka memang sengaja membidik peluang bisnis. Pada masa itu, sekitar pertengahan 90-an, ketika krisis ekonomi terjadi, kaos-kaos trendi impor melambung harganya. Hal ini membuka peluang para pecinta kaos oblong grafis untuk secara mandiri membuatnya.

Berawal dari industri “iseng-iseng” yang kemudian diminati banyak orang, lalu produksipun meningkat. Daya tarik kaos distro diproduksi secara limited untuk setia desainnya, dan desainnya yang apik, gaul, dan umumnya unik membuat penyukanya semakin banyak. Maklum, tidak pasaran.

Tren ini bermula dari bandung, yang sejak dulu memang terkenal sebagai sentra industri garmen/ konveksi. Setelah tren FO berakhir, kota kembang kemudian dilanda wabah distro. Distro singkatan dari distribution outlet hanya sebuah toko kecil tempat menjual barang-barang (umumnya busana dan aksesorisnya) titipan. Tak beda dengan depertement store, Cuma rata-rata skalanya sebatas butik. Begitu populernya sampai-sampai bagi sebagian besar anak muda, rasanya belum ke bandung, jika belum kedistro.

Kaos grafik yang dikenal sebagai kaos distro adalah salah satu produk yang dijual, selain kemeja, celana, tas, hingga sepat. Tapi sebenarnya kekuatan fenomena ini sebenarnya bukan di distro, melainkan pada penitipan produk (yang umumnya disebut clothing company) Clothing company sering disingkat clothing yang merupakan sebutan untuk produsen produk yang memiliki brand (merek) produk busana.

Clothing dan distro tidak bias dipisahkan, karena di distro para pemilik clothing menitip jual barang. Beberapa clothing yang terbilang sudah mapan memiliki distro dengan plang nama brand-nya sendiri, serta menerima titipan produk dari clothing lain.

About these ads

3 Komentar »

  1. ajikinai said,

    gue lebih suka yang simpel2 aja…
    lam kenal…

  2. mohsen said,

    salam
    allar chokh bar ossoon
    yakhchi


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: